Kesan Pertama pada Toyota Calya

Kesan Pertama pada Toyota Calya

  • Dibaca: 1392x

Salah satu mobil keluarga versi LCGC (Low Cost Green Car) yang paling dinanti-nanti masyarakat Indonesia saat ini adalah Toyota Calya yang diproduksi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia.

Karena mobil baru Toyota Calya ini mampu memuat 7 penumpang, dibalut dengan fitur-fitur modern, dengan harga yang sangat terjangkau. Menggunakan konsep D30D atau konsep Ultra Function Compact 3 (UFC-3) yaitu ” the real 7-seater” untuk kategori  MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan harga terjangkau.

Berikut ulasannya Toyota Calya terbaru dari sumber Automagz.com

Ekstrerior Toyota Calya

Untuk Toyota Calya tipe G, berbeda dibanding denga Toyota Calya tipe E pada eksterior adalah chrome di gril depan, foglamp, bumper depan bagian bawah, pembuka pintu, garnish bagasi dan sein di spion.

Toyota Calya Solo

Di Toyota Calya tipe E, itu semua tidak ada. Pelek 14 incinya diberi warna two tone dan ditemani ban Bridgestone Ecopia. Tampilan sampingnya sudah lumayan proper, tidak kelihatan maksa.

Toyota Calya Solo

Rem depan cakram dan belakang pastinya teromol, dan tipe Toyota Calya G sudah dapat ABS. Buka dan tutup pintu Toyota Calya, rasanya pintu ini enteng sekali, tapi tidak terkesan ringkih. Saat ditutup, pintunya tidak berkesan “braak” tapi terasa “jleb” alias halus suaranya, mungkin karet pintu yang sudah dobel turut berperan dalam feeling bukaan pintu ini.

Toyota Calya Solo

Ke belakang mobil Toyota Calya, lampu tambahan yang bentuknya memanjang ke samping . Toyota Calya sudah dilengkapi sensor parkir belakang sebagai standar. FYI, ground clearance Toyota Calya ada di kisaran 180 mm.

Toyota Calya Solo

Interior Toyota Calya

Masuk ke dalam Toyota Calya, setir yang Common parts dengan Toyota Avanza. Dashboardnya sendiri desainnya standar, Posisi mengemudinya sendiri agak tinggi, tidak terkesan tenggelam.

Toyota Calya Solo

Jok Toyota Calya punya pengaturan sliding dan reclining, berbahan fabric.

Toyota Calya Solo

Toyota Calya sudah mempuyai pengaturan spion elektrik, tapi untuk melipatnya masih manual. Didukung dengan power window untuk semua jendela. Sun visor Toyota Calya tidak dilengkapi cermin, dan tidak ada tuas pembuka pintu bagasi di sisi bawah jok pengemudi.

Toyota Calya Solo

Bagasi hanya bisa dibuka dari handle pintu bagasi saja, dan sebagai standar, ia sudah lengkap dengan immobilizer.

Kualitas pemasangan material Toyota Calya terasa lebih mantap dan solid, tidak goyang-goyang saat ditekan. Dibandingkan mobil LGCC yang lain.

Head unit Toyota Calya tipe E dan G pada dasarnya sama, namun tipe G sudah punya fitur bluetooth. Di bawah head unit itu, ada tombol-tombol AC, mencakup pengatur kecepatan hembusan udara, pengatur ventilasi udara dan suhu. Di bawahnya, ada power outlet dan sebuah tempat penyimpanan kecil. Rem tangannya model tarik.

Toyota Calya Solo

Tempat penyimpanan di depan penumpang alias glovebox Toyota Calya lumayan lega, demikian pula dengan kantung di pintu depan Toyota Calya. Panel instrument Toyota Calya sangat sederhana, takometer, spidometer dan layar kecil untuk info soal bensin dan jarak tempuh.

Toyota Calya Solo

Toyota Calya Solo

Pada baris kedua Toyota Calya diberikan jok yang sudah lengkap dengan sliding dan reclining, jadi berguna untuk mengatur ruang kaki. Bagusnya, jok baris kedua dan ketiga punya headrest terpisah sungguhan, dan jok baris kedua didesain untuk menampung 3 orang.

Toyota Calya Solo

Sabuk pengaman untuk penumpang tengah baris kedua ada di atap mobil, sama seperti Avanza. Penumpang di baris ke dua berhak atas power outlet di tengah bawah, kantong di balik jok penumpang depan dan cup holder di pintu.

Pada plafon Toyota Calya kelihatan ventilasi blower. Begini cara kerjanya, ia akan menyedot udara di depan lalu menghembuskannya ke kabin baris belakang. Jadi bukan ac memang, lebih ke arah blower penerus aliran udara saja.

Toyota Calya Solo

Toyota Calya Solo

Headroom dan legroom Toyota Calya masih tersedia dengan jarak yang lumayan baik untuk orang dewasa

Untuk akses ke bangku baris ketiga Toyota Calya, cukup mudah karena sudah one touch tumble.  Jok pada baris ke tiga Toyota Calya tidak terlalu sempit, dengan batas tinggi 178 cm.

Toyota Calya Solo

Toyota Calya Solo

Perlengkapan standar penumpang baris ketiga Toyota Calya. Ada storage di kiri dan kanan, sandaran kepala terpisah serta sabuk pengaman.

Bagasi Toyota Calya pun bisa dibilang luas, cukup untuk menaruh 3-4 galon tanpa perlu melipat jok belakang. Jika harus melipat jok belakang, tarik tuas di sisi kiri dan jok belakang akan terlipat. Tidak rata lantai, pelipatannya pun sederhana, jok belakang pun tidak bisa dilipat secara terpisah. Untuk melipat jok baris kedua, tinggal tarik tuas di samping joknya.

Toyota Calya Solo

Ban serep Toyota Calya ada di kolong (bawah), memakai pelek alloy, juga sudah tersedia fitur ISOFIX untuk memasang jok untuk bayi.

Toyota Calya Solo

Mesin Toyota Calya

Mesin Toyota Calya adalah mesin 1.200 cc 4 silinder dengan Dual VVT-i, tenaganya diklaim di kisaran 88 PS pada 6.000 rpm, sementara torsi 108 Nm pada 4.200 rpm. Memakai penggerak roda depan, pilihan transmisi adalah manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan tanpa teknologi spesial. Toyota Calya menganjurkan BBM minimal oktan 90.

Toyota Calya  juga dilengkapi peredam di kap mesin. Toyota Calya sudah dibekali dengan dual airbags.

Kesimpulan Toyota Calya

Toyota Calya dibuat dengan kualitas terbaik untuk masyarakat Indonesia, karena dari kualitas pengerjaannya sangat baik untuk mobil LGCC dengan kisaran harga Rp. 130 Juta hingga Rp. 150 Jutaan, dibandingkan mobil sekelasnya dari merk lain.

Di antaranya juga termasuk ruang baris ketiga yang lebih memadai, headrest terpisah di jok tengah dan belakang, power outlet hingga baris kedua, fitur bluetooth, dual airbags, ABS, jok tengah dengan pengaturan lengkap dan sensor parkir di bumper. Tambahan ventilasi blower yang membuat penumpang belakang tetap merasakan hembusan angin AC.

Toyota Calya sebagai jawaban mobil keluarga dengan harga yang ekonomis, yang mampu menunjang aktifitas Anda sehari-hari seperti antar-jemput anak sekolah, dipakai bekerja, dipakai belanja, dipakai arisan dan tentunya dipakai berpergian dengan keluarga Anda.

Anda tertarik untuk segera memilikinya?

Keunggulan Toyota All New CALYA

  • (C) = Comfort & Complete Interior
  • (A) = Agresif & Modern Design
  • (L) = Lowfuel Consumption & GoodPerformance
  • (Y ) = Yours Safety is our Priority
  • (A) = Affordable Price

Anda dapat memesannya sekarang dengan uang tanda jadi mulai Rp. 2 Juta.

INFO HARGA TOYOTA SOLO DAN PROMO TOYOTA SOLO Bagi warga Solo, Surakarta, Sukoharjo, Klaten, Sragen, Karanganyar, Wonogiri, Boyolali dan sekitarnya bisa memesan sekarang ke DEALER TOYOTA SOLO ADITYA 081-2297-1981 (WA) SALES TOYOTA NASMOCO SOLO.

TOYOTA CALYA SOLO, TOYOTA AGYA SOLO, TOYOTA ETIOS SOLO, TOYOTA AVANZA SOLO, TOYOTA YARIS SOLO, TOYOTA SIENTA SOLO, TOYOTA RUSH SOLO, TOYOTA INNOVA SOLO, TOYOTA VIOS SOLO, TOYOTA ALTIS SOLO, TOYOTA CAMRY SOLO, TOYOTA FORTUNER SOLO, TOYOTA HIACE SOLO, TOYOTA VELLFIRE ALPHARD SOLO.

Informasi Pembelian

ADITYA